Review Film Mulan, Film Yang Selama Ini Ditunggu - Tunggu


Film Mulan merupakan remake dari Animasi Mulan yang telah rilis pada 4 September 2020 lalu melalui layanan streaming Disney+ dan sempat membuat geger warga Twitter. Tapi dibandingkan versi animasi pada tahun 1998, Mulan 2020 ini lebih banyak adegan Live Actionnya dan suasana perang lebih terasa. Sedangkan kalau animasinya lebih ceria dan dipenuhi banyak nyanyian.

Penayangan film Mulan ini terus ditunda akibat Corona. Semoga Pandemi cepat berlalu ya, agar film Mulan bisa segera tayang di bioskop. Semoga kita semua sehat selalu dan bisa segera beraktifitas seperti biasanya kembali.

Mulan merupakan anak sulung dari dua bersaudari keluarga Hua. Adiknya bernama Xiu sangat anggun dan feminim, berbanding terbalik dengan Mulan yang sangat tomboy dan suka belajar kungfu. Ibunya tentu saja sangat khawatir dengan perkembangan Mulan dari hari kehari. Karena kala itu, kebanggaan bagi sebuah keluarga yang memiliki anak perempuan adalah menikahkannya dengan laki-laki baik dari keluarga baik-baik pula. Ibunya meminta sang ayah untuk berbicara dan menasehati Mulan.

Mulan akhirnya menerima nasehat ayahnya dan mulai berlatih bersama Ibu, adiknya, dan seorang mak comblang (seperti agen perjodohan) di desanya untuk mempersiapkan dirinya bila nanti sang pelamar datang. Hal itu dimulai dengan melakukan upacara minum teh. Tetapi Mulan gagal dan malah menyebabkan keributan. Mak comblang tersebut berteriak dan mengatakan bahwa Mulan merupakan aib untuk keluarga Hua, dan keluarga Hua sudah gagal mendidiknya menjadia seorang wanita sejati.

Nah, pada saat yang bersamaan para prajurit dari kekaisaran Cina datang ke desa Mulan untuk menyampaikan titah sang kaisar. Bahwa setiap keluarga harus menyerahkan satu anak laki-laki dari keluarganya untuk menjadi prajurit karena Kekaisaran Cina sedang diserang oleh penjajah dari  wilayah Utara yang dipimpin oleh Bori Khan.

Hua Zhou, sang ayah ternyata merupakan mantan prajurit perang Kekaisaran Cina mengajukan dirinya sebagai perwakilan dari keluarga Hua. Tentu saja, karena hanya dia satu-satunya Pria di keluarganya. Sebenarnya Hua Zhou sudah berumur dan kondisi kesehatannya pun tidak bisa dibilang baik, tapi tanggung jawabnya sebagai seorang Ayah membuatnya bertekad untuk tetap melaksanakan tugasnya.

Mulan sebenarnya tidak tega sang Ayah yang harus pergi ke medan perang. Maka, Mulan mencoba berbicara baik-baik dan berharap ayahnya mau mengubah keputusannya. Namun, usaha tersebut gagal. Mulan membulatkan tekadnya, maka dia menggantikan sang ayah dan menyamar menjadi laki-laki. Mulan mengganti namanya dengan Hua Jun. Keluarganya sangat terkejut atas tindakan Mulan yang gegabah, mereka takut jika Mulan ketahuan dia akan membawa aib bagi keluarga dan terusir.

Mulan tentu saja kesulitan saat menyamar menjadi laki-laki. Dia terlihat bersikap waspada kepada sesama teman-temannya karena takut penyamarannya terbongkar. Mulan bahkan jarang mandi, dia terlihat sangat dekil dan bau. Disana Mulan memilki seorang teman bernama Hong Hui, hubungan keduanya tidak berawal dengan baik sebenarnya, tapi nanti pada akhirnya mereka akan menjadi teman.

Sewaktu latihan, Hong hui dan Mulan terlihat agak sedikit berlebihan sehingga menarik perhatian Komandan Tung. Komandan Tung mengetahui bahwa Mulan memiliki energi Chi yang kuat. Dia menasehati Mulan agar menggunakan energi Chi nya tersebut semaksimal mungkin.

Singkat cerita, Mulan dan teman-temannya diutus untuk berperang melawan pasukan Bori Khan. Mulan mendapatkan posisi sayap kiri dalam perang, pasukannya terdesak. Mulan terpisah dan terpaksa berhadapan dengan penyihir Bori Khan. Penyihir itu berhasil mempengaruhi mental Mulan dengan mengatakan bahwa Mulan akan mati dalam kebohongan, bahwa dia harus jujur pada dirinya sendiri agar kekuatan chi nya tidak terhalangi.

Mulan pun ragu karena ada tiga kebaikan yang harus diemban oleh seorang prajurit yaitu setia, berani, dan jujur. Mulan berhasil dikalahkan oleh penyihir, dia akhirnya memutuskan untuk menjadi dirinya sendiri dan membantu pasukannya yang sudah kewalahan dengan meruntuhkan gunung salju. Usahanya berhasil, Mulan bahkan menyelamatkan Hong Hui yang terseret salju. Namun, karena dia berbohong Mulan diusir kapten Tung dari pasukan dan tidak diperbolehkan kembali lagi untuk selamanya. Mulan sangat sedih.

Penyihir Bori Khan menemuinya dan membujuk Mulan untuk ikut bersama dirinya. Mulan tidak mau, dan dari penyihir Mulan jadi tau bahwa tujuan utama Bori khan bukanlah serangan yang sedang dihadapinya waktu itu melainkan istana kekaisaran. Bori Khan juga berniat membunuh sang kaisar dengan tangannya sendiri . Mulan sempat dilema, tetapi akhirnya memutuskan untuk memberi tau pasukannnya dan menyelamatkan dinasti meski taruhannya adalah nyawanya sendiri.

Komandan Tung awalnya tidak percaya, tapi Hong Hui dan kawan-kawan yang lainnya percaya hingga Komandan Tung akhirnya luluh juga. Mereka meminta Mulan untuk memimpin pasukan menuju istana menyelamatkan sang Kaisar. 

Sementara itu keadaan di istana sudah sangat kacau. Kaisar yang tidak tau menahu tentang rencana Bori Khan termakan siasat dan dijebak. Nyawanya dalam bahaya. Komandan Tung memberi Mulan kepercayaan untuk menyelamatkan sang kaisar sementara dia dan yang lainnya menangani pasukan Bori Khan yang sedang menyerang istana.

Mulan bertemu lagi dengan penyihir Bori Khan, dan berhasil meyakinnya agar dia bisa berubah dan menjadi seseorang yang lebih baik. Penyihir tersebut memutuskan membantu Mulan dan memberi tau tempat dimana Kaisar disekap. Berhasilkah Mulan menyelamatkan sang Kaisar ? sanggupkah Mulan menghadapi Bori Khan seorang diri? Bagaimana dengan nasib penyihir? Apakah kekaisaran akan runtuh? Silahkan tonton sendiri ya teman-teman... selamat menyaksikan.

0 Response to "Review Film Mulan, Film Yang Selama Ini Ditunggu - Tunggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel