Cara membuat Kue Talam Lapis Resep Lintau


Mumpung libur gaes, manfaatkan waktu dengan kegiatan-kegiatan positif yuk. Salah satunya yaitu mencoba resep kue talam lapis  sederhana versi liatinfo.com. Kalian pasti udah pada pernah nyobain kue talam kan ya? Yang satu ini beda , ini kue talam khas dari Lintau. Ternyata tiap daerah punya ciri khas yang berbeda serta cara yang berbeda pula dalam membuat kue talam. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bahan :

1. Tepung beras 5 Gelas belimbing

2. Santan 3 gelas belimbing

3. 2 lembar Daun Pandan 

4. Gula Pasir secukupnya

5. Garam secukupnya

6. Air secukupnya

7. Daun pisang

8. Pewarna makanan (pink)

Cara Membuat :

1. Untuk adonannya, masukkan 2 gelas tepung beras kedalam sebuah wadah, tuangkan segelas santan kedalam wadah tersebut, aduk hingga tepung dan santannya tercampur merata.

2. Setelah itu, masukkan segelas air (gelas belimbing) kedalam panci, tambahkan 4 sendok makan gula(sesuai selera), beri seuprit garam. Hahaha. masukkan 1 lembar daun pandan. Tunggu hingga mendidih, kemudian masukkan adonan tadi secara perlahan, aduk terus hingga adonannya mengental. Pisahkan daun pandan tadi, lalu masukkan adonan yang sudah mengental tadi kedalam loyang yang sudah dialas dengan daun pisang dan ratakan.Selanjutnya dikukus.

3. Sambil menunggu adonan pertama agak mengeras, manfaatkan waktu selanjutnya untuk membuat adonan kedua. Caranya sama dengan cara sebelumnya, bedanya hanya diberi pewarna makanan. Ratakan adonan kedua diatas adonan pertama. Kemudian kukus.

4. Manfaatkan kembali jeda waktu adonan kedua dengan membuat  lapisan ketiga kue talam lapis kita, lapis ketiga ini berbeda dengan lapis pertama dan kedua yaa. Tuang segelas santan kedalam sebuah wadah, 6 sendok makan gula(sesuai selera) tambahkan sedikit garam, 2 sendok makan tepung beras. Aduk dan ratakan. Tuang adonan pada lapisan ketiga ini pada lapisan kedua tadi. Kuskus dan tunggu hingga lebih kurang 15 menit.

5. Kue talam lapis dari Lintau versi semua artikel udah jadi. Silahkan dinikmati. Lembut, manis dan gurih euy.

Tepung beras yang digunakan bukan tepung beras yang dikemasan ya teman-teman. Tepungnya adalah tepung dari beras yang digiling ditempat penggilingan beras. Kalian bisa membawa berasnya dari rumah kemudian minta tolong gilingkan ketempat penggilingan tersebut. Terus, kenapa adonan pertama dan kedua tidak langsung dimasukkan kedalam loyang dan dikukus saja, tapi malah dimasak dulu di panci lain baru dimasukkan keloyang? 

Itu tips agar kue talam kita matangnya lebih cepat dan merata. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!


0 Response to "Cara membuat Kue Talam Lapis Resep Lintau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel