Mengenali Bahasa Tubuh Kucing


Apa kabar para cat lovers? Sering penasaran dengan berbagai macam tingkah laku konyol nan lucu si Manis? Si Manis melakukan itu semua ada alasannya kok. Itu tandanya ia sedang ingin menjalin komunikasi dengan kita. Hanya saja kita sering tidak mengerti dengan bahasa tubuh si Manis. Si Manis biasanya berinteraksi melelui suara, bau, serta gestur tubuh. Agar cat lovers bisa memahami bahasa si Manis dengan baik, kami sudah mengumpulkan beberapa gerak-gerik si Manis yang bisa kalian perhatikan dan ketahui artinya ya. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah memenuhi keinginan si Manis.

1. Berdasarkan suara

Seringkali ketika pulang kerumah disambut si Manis dengan suara mengeong halus disertai menegakkkan ekornya kemudian dia berlari-lari? Berbahagialah, itu artinya si Manis sangat menantikan kehadiran mu. Dia ingin berkata “Halo, selamat datang kembali, aku merindukan mu” maka setidaknya balaslah sapaan manjanya dengan mengelus-elus kepala atau bagian bawah lehernya. Itu akan membuatnya bahagia juga. Tapi bila suara mengeongnya terdengar cukup panjang dan nyaring, segera siapkan makanannya. Itu artinya dia sedang lapar. Hehe

2. Berdasarkan sorot mata 

Ungkapan yang mengatakan bahwa “mata adalah jendela hati” berlaku juga untuk si Manis lo. Apabila matanya mengedip perlahan dan pupil mengecil itu artinya si Manis sedang dalam suasana santai dan ingin dimanja. Elus-elus kepala dan badannya, maka ia akan semakin nyaman dan mendengkur. Lain lagi bila si Manis menatap tanpa berkedip, itu artinya dia sedang marah guys. Bila ia sedang dalam kondisi seperti ini sebaiknya jangan menyentuh atau mendekatinya. Bahaya. Selanjutnya apabila pupil si Manis membesar, ada beberapa kemungkinan yaitu karena ruangan gelap sehingga cahaya yang masuk kematanya hanya sedikit, dia sedang penasaran dan dia sedang ketakutan. Lihat kondisi sekitar untuk membedakannya ya.

3. Berdasarkan gerakan telinga

Untuk membaca gerak tubuh yang satu ini kita harus jeli dan teliti ya, karna biasanya si Manis melakukannya dengan cepat sehingga terkadang luput dari perhatian kita. Telinga yang melipat kesamping, artinya dia akan patuh dan siap melindungi diri dari serangan. Telinga bergerak kearah belakang, artinya dia sedang marah dan siap untuk menyerang. Kalian harus hati-hati saat si Manis sedang dalam mode ini ya guys.

4. Berdasarkan gerakan ekor

Nah, gerakan ekor ini merupakan bahasa tubuh si Manis yang mudah diamati dan dimengerti.Pernah mengamati gerakan ekor si Manis saat mengintai burung gereja yang sedang hinggap diteras rumah? Ujung ekornya akan bergerak lambat ke kiri dan kanan bukan? Itu tandanya si Manis sedang berkonsentrasi penuh. Bila ujung ekornya bergerak semakin cepat, itu artinya si Manis merasa terganggu atau tidak nyaman. Apabila sedang dalam kondisi takut atau terkejut, maka ekor si Manis akan berada diantara dua kakinya serta bulu yang mengembang. Selanjutnya ekor si Manis akan berdiri dengan bulu mengembang yang artinya dia memberi peringatan kepada objek tertentu untuk mundur. Objek tersebut bisa berupa kucing lain atau hewan lain. Terakhir, si Manis akan menggerakkan ekornya secara keseluruhan ke kiri dan kanan saat ia sedang ada dipangkuan kita, itu tandanya dia merasa nyaman dan terlindungi.

5. Berdasarkan gerak tubuh

Coba perhatikan saat si Manis sedang bermain dengan saudaranya atau induknya, diantara mereka pasti ada yang berbaring telentang secara melingkar kemudian menatap lawannya sambil menggerak-gerakkan salah satu tangannya. Itu artinya mereka sedang bertahan dan sangat waspada. Selanjutnya, si Manis akan menggesekkan badan dan menempelkan ekornya kepada kita atau kucing lainnya sebagai tanda ingin diperhatikan dan ingin bermain.

Semoga artikel ini dapat sedikit membantu kalian dalam memahami kode-kode dari si Manis ya para cat lovers. Jangan hanya bisa membaca kode keras dari si doi aja. Hahaha. Ingat, sesibuk apapun tetap jangan lupakan dia. Kalian harus bisa meluangkan waktu untuk menemaninya bermain. Sesekali temani si Manis bermain diluar rumah atau halaman. Karena bagaimana pun juga kucing itu makhluk yang punya insting berburu, dia butuh pelepasan. Sabar aja dalam menghadapi tingkah laku si Manis yang kadang suka nyebelin. Dia cuman butuh perhatian dan kasih sayang sama makanan aja kok. Percaya deh. Hoho.


0 Response to "Mengenali Bahasa Tubuh Kucing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel